REFLEKSI
PERKULIAHAN
KAJIAN KURIKULUM MATEMATIKA
Nama/NIM :
Yuliana/20703261052
Pertemuan :
1
Hari/Tanggal :
Kamis, 11 Februari 2021
Pengampu :
Prof. Dr. Marsigit, M.A
A.
Refleksi
Perkuliahan
1.
Pada pertemuan pertama,
pengampu memberikan gambaran umum mengenai pelaksanaan perkuliahan kajian
kurikulum Matematika. Pengampu juga menjelaskan mengenai berbagai kurikulum
matematika yang sudah berjalan, seperti berbasis outcome, tematik, KKNI, serta
kurikulum merdeka belajar ditinjau dari berbagai aspek seperti psokologis,
yuridis, dan sebagainya.
2.
Pengampu juga menjelaskan
pentingnya publikasi dan bahayanya plagiasi terhadap suatu karya ilmiah.
3.
Pengampu juga
menjelaskan mengenai tugas-tugas/outcome yang wajib dihasilkan oleh mahasiswa setelah
mengikuti perkuliahan, seperti kehadiran mengikuti perkuliahan (ijin apabila
berhalangan), membuat produk buku, menyusun weblog pribadi, dan artikel
penelitian yang dipublikasikan.
4.
Setelah itu, penjelasannya
mengenai pentingnya komunikasi dan perlu adanya perbaikan komunikasi antara
mahasiswa dengan dosen. Peran komunikasi yang sopan dan santun antara mahasiswa
dengan dosen akan menciptakan hubungan yang baik dan terlaksananya perkuliahan
yang menyenangkan.
B.
Self
Need Asesmen/ Harapan
Materi :
Melalui
perkuliahan ini sangat diharapkan untuk mendapatkan pengetahuan/ilmu baru
mengenai berbagai kurikulum yang pernah berlaku di Indonesia, mulai dari
tingkat SD hingga perguruan tinggi, kemudian pengetahuan mengenai perkembangan
kurikulum. Kemudian, mampu menyusun perencanaan model
pengembangan kurikulum matematika dan pendidikan matematika. Mampu mengimplementasikan
model pengembangan kurikulum matematika dan pendidikan matematika. Kemudian
dapat mengembangkan kurikulum tersebut dalam kegiatan pembelajaran dengan baik
dan benar.
Selain
itu, dari perkuliahan ini diharapkan dapat memperoleh
gambaran/prediksi/estimasi mengenai kurikulum matematika di masa depan. Materi
perkuliahan dapat memberikan contoh kurikulum matematika dari Negara-negara
lain yang bagus dan cocok untuk diterapkan di Indonesia.
Metode Pembelajaran :
Metode
pembelajaran yang digunakan pada saat perkuliahan seperti metode ceramah/bercerita,
berdiskusi, Aplikatif, dan berbasis referensi mutakhir, dan interaktif. Serta
model-model pembelajaran yang terbaru dan inovatif, serta berbasis TPACK.
Asesmen :
Asesmen
perkuliahan dengan mempertimbangkan komponen kehadiran mahasiswa, aktivitas
pada saat perkuliahan, dan pelaksanaan tugas-tugas proyek yang berbasis
outcome/luaran.
Tugas-tugas :
Adanya
tugas berbasis outcome/luaran, tugas berbasis referensi, tugas berbasis produk.
Hasil :
Mahasiswa
yang telah mengikuti perkuliahan, melaksanakan tugas-tugas mendapatkan hasil
yang memuaskan. Serta dapat mengembangakan kurikulum yang ada, misalnya dengan
mengembangkan dan menyusun RPP/RPS, evaluasi, penilaian, dan sebagainya dengan baik dan benar.
Referensi :
Adanya
sumber referensi up to date dan aktual tentang kurikulum dan mendukung
perkuliahan seperti buku, artikel, jurnal, media massa, dan sebagainya.
Anderson, J., 2009, Mathematics
Curriculum Development and the Role of Problem Solving, The University of Sydney: ACSA
Conference 2009
Video konferensi :
Pelaksanaan
perkuliahan dengan memanfaatkan fasilitas video konferensi (memanfaatkan
kemajuan teknologi) seperti googlemeet, zoom, atau bbb.
Link :
https://drive.google.com/file/d/18UQybVfZ97jFBE9FtCj1MIORRRpNnV6a/view?usp=sharing
1 Komentar
semangat...
BalasHapus